Sekilas Tentang Wing Chun

Wing Chun adalah seni beladiri tradisional (berumur kurang lebih 3000 tahun) yang berasal dari daerah Cina Selatan (Foshan) suatu bela diri yang  simple dan efisien dan berfokus pada pertarungan jarak dekat (Closed Combat Range). Wing Chun adalah beladiri yang  unik, karena bisa dipelajari anak-anak, pria dan wanita sampai umur 80 tahun atau lebih. Wing Chun lebih mengandalkan kecepatan, teknik, indera perasa, kekuatan pikiran, reaksi atau reflek hingga pernafasan serta mempelajari detail posisi struktur tulang dan sendi yang benar dalam bertarung.
Seni Beladiri Wing Chun tersebar ke seluruh dunia berkat jasa Grand Master Ip Man yang setelah pindah dari Foshan (Daratan Cina) ke Hong Kong kemudian mendirikan sekolah beladiri Wing Chun  yang pertama di Hong Kong. Dan salah satu muridnya menjadi terkenal di dunia yakni sang Legenda Aktor Bela Diri Kungfu - Bruce Lee.

Ip Man & Bruce Lee


Demam wing chun melanda dunia kembali setelah dirilis film Ip Man (2008) yang dibintangi Donnie Yuen. Film ini berlanjut sampai 4 sequel.

 Ip Man (2008)


 Ip Man 2 (2010)


Ip Man 3 (2015)

Ip Man 4 (2019)

BILA pernah nonton film Ip Man, Anda pasti tahu wing chun. Saat menonton film tersebut, Anda dapat melihat bahwa seni beladiri asal Tiongkok ini tidak mengandalkan otot. Namun lebih pada kecepatan, ketepatan dan chi yang kuat. Tak heran kalau demam wing chun sempat melanda para penggemar Ip Man yang penasaran mempelajari wing chun.

Ditulis kembali oleh
Perang Dunia 2

Henki

Hanya tertarik pada Wing Chun...

0 Komentar untuk "Sekilas Tentang Wing Chun"

Back To Top